Gombong Unimugo – Puncak Milad ke 28 Universitas Muhammadiyah Gombong, digelar pada Hari Rabu, 10 Agustus 2022 bertempat di Audotarium Unimugo. Universitas Muhammadiyah Gombong merupakan Universitas yang ada di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah tepatnya di jalan Yos Sudarso Nomor 461 Gombong. Sejarah singkat Unimugo berawal dari Akademi Keperawatan (Akper) pada tahun 1994 kemudian menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) pada tahun 2003 dan pada hari Senin, 5 Juli 2021 menerima SK dari Kemendikbud Ristek menjadi Universitas.

Sebuah perjalanan yang panjang perubahan bentuk tentunya suatu pencapaian yang tidak mudah. Perjuangan dan pengorbanan waktu dari segenap pendiri dan karyawan patut diapresiasi. Pada tahun 2022 ini Universitas Muhammadiyah Gombong mengepakan sayapnya lebih lebar merupakan langkah untuk mengikuti perkembangan era yaitu 2022 era society 5.0.

Hadir dalam kesempatan ini, Badan Pembina Harian (BPH) Unimugo Ir. H. M. Yahya Fuad, S.E., Widiantoro Triatmaji, M.M., karyawan Unimugo dan segenap tamu undangan Kepala Sekolah yang siswanya mendapatkan juara dalam perlombaan yang diadakan dalam rangkaian Milad Unimugo.

Ketua pelaksana kegiatan Milad ke-28 Unimugo dalam kesempatan ini Hilmy N. Ikhsan mengungkapkan, kami menyampaikan terimakasih kepada Rektor, Wakil Rektor I-IV serta panitia karyawan yang telah mengarahkan dan membimbing panitia dalam melaksanakan kegiatan yang luar biasa ini. Kami juga berterimakasih kepada segenap panitia mahasiswa yang memberikan sumbang sih pemikiran konsep dan waktunya sehingga acara ini dapat terlaksana dengan lancar tanpa kendala suatu apapun.

  • “Rangkaian Milad ke-28 Unimugo telah dilaksanakan, dengan mengadakan berbagai macam lomba diantaranya Lomba Essay antar pelajar, Lomba Debat se-kedu Banyumas Raya, lomba Art Fair (Solo vokal dan Tari) lomba Futsal antar SMA/SMK dan sederajat se-Kebumen, lomba Spech Contesh, dan lomba Fotografi. Kami berharap dengan mengadakan lomba-lomba tersebut untuk dapat bermanfaat tentunya mengenalkan Unimugo lebih dekat kepada siswa peserta lomba SMA/SMK sederajat, sehingga memberikan kebermanfaatan. Acara puncak Milad ini, kita dapat berkumpul bersama untuk memberikan do’a dan harapan yang lebih baik, lebih unggul untuk Universitas Muhammadiyah Gombong”, ucapnya.

BPH Unimugo Ir. H. M. Yahya Fuad, S.E bahwa pencapaian Unimugo tidaklah mudah dan pastinya penuh perjuangan semua pihak, dari Pendiri sampai karyawan saat ini.

“M. Yahya Fuad mengatakan kami mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya bagi para pendiri Unimugo yaitu dr.Fatah Widodo, Sp.M.,M.Kes, KH Muhammad Djarot, KH. Siswo Sudibyo, KH. Anwar Mujahid dan KH. Muhammad Nur Sa’at, BA semoga amal-amal beliau yang mendirikan RS PKU Muhammadiyah Gombong dan Akper sekarang Unimugo ini jadi amal jariyah bagi beliau semua. 28 tahun merupakan usia yang relatif muda sudah menjadi universitas, mahasiswanya sudah mencapai 1.500 lebih tentunya itu yang harus banyak kita syukuri. Kalau melihat usia 28 tahun dari perspektif untuk motivasi dengan adanya Unimugo dan RS PKU Muhammadiyah Gombong (RS Pendidikan) sudah sangat mendukung untuk bisa mendirikan Program Studi Kedokteran. Unimugo insya Allah mengharap Ridho Allah SWT dimudahkan dan disegerakan untuk membuka program studi Kedokteran. Diriwayatkan dalam sebuah Hadist Nabi Agung Muhammad SAW beliau bersabda ‘Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan baginya menuju surga. Siapa yang menempuh jalan mencari ilmu, dijelaskan tadi, para pendiri, rektor, para dosen, karyawan serta mahasiswa yang mencari ilmu. Mudah-mudahan kita semua karyawan dan mahasiswa dapat meluruskan niat kita dalam mengabdi untuk mencari ilmu untuk menuju jalan surgaNya. ‘Selamat Milad Unimugo yang ke-28, semoga Unimugo semakin maju, semakin jaya, semakin bermanfaat untuk umat’. Diakhir sambutannya ditutup dengan pantun Kesepian Tanpa Kekasih, Sekian dan Terimakasih”, Tutupnya.

Dalam kesempatan ini Rektor Unimugo melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik Isma Yuniar, M.Kep mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Ketua Badan Pembina Harian dr.Fatah Widodo,Sp.M., M.Kes dan segenap jajarannya serta Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah yang selalu memberikan pengarahan dan bimbingan kepada Unimugo  dalam menjalankan tata kelola perguruan tinggi.

Alhamdulillah pada hari ini Kamis, 10 Agustus Unimugo melaksanakan Puncak Milad ke-28 dengan Topik Transisi Menuju Gerakan yang Penuh Aksi untuk Regenerasi Unimugo Berkarakter.

“Kami sampaikan sejarah singkat Unimugo, berawal dari Akademi Keperawatan (Akper) berdiri pada tahun 1994, kemudian pada tahun 2003 menjadi Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKes) dan 2021 menjadi Universitas dengan penambahan Fakultas, yang tadinya unggulan kita di kesehatan, kemudian kita menambahkan Fakultas Sains dan Humaniora yang terdiri dari Program Studi (Prodi) Hukum, Teknik Industri dan Manajemen. Prodi Hukum dan Teknik Industri merupakan satu-satunya di Kabupaten Kebumen serta Manajemen. Unimugo masih membuka pendaftaran mahasiswa baru sampai September 2022, harapannya kita terus meningkat sesuai animo sekarang dari yang Alhamdulillah terus meningkat dari tahun kemarin dari jumlah mahasiswa. Kami optimis Unimugo akan bisa besar lagi dan perlu kami sampaikan bahwa untuk pengembangan SDM Unimugo sedang bertransformasi untuk Dosen ada 21 yang sedang menempuh pendidikan doktor atau S3 baik didalam maupun luar negeri, Assisten Dosen serta tenaga kependidikan Magister atau S2.

Kami tak lupa juga mengucapkan terimakasih juga kepada segenap Karyawan Unimugo yang telah berjuang bersama untuk mewujudkan cita-cita Unimugo. Tentu bukan hal yang mudah, untuk itu membutuhkan komitmen yang kuat dalam mencapai hal tersebut.

Selamat Milad ke-28 Unimugo, terus hadir di masyarakat untuk memberikan kemanfaatan, memberikan warna untuk pendidikan di Indonesia, mencerahkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadi Universitas yang Unggul, Inovatif dan Islami”, pungkasnya.